Kalau-kalau ada yang tanya, suku apa yang bagus buat defense. Ini ada beberapa pertimbangan dari saya, sekalian melengkapi thread sebelumnya. Tapi mohon maaf untuk section def/hari saya agak ragu-ragu dengan keakuratan tool yang saya pakai. Mungkin nanti akan diperbaiki.
I. Faktor Kekuatan dan Waktu
Juara def cavalry/gandum
Spearman
Haeduan
Phalanx
Legionnaire
Juara def infantry/gandum
Praetorian
Druidrider
Paladin
Juara def cavalry/hari (produksi 24jam, asumsi produksi gandum ga masalah)
Spearman
Haeduan
Phalanx
Juara def infantri/hari (sama spt atas)
Paladin
Druidrider
Phalanx
Praetorian
Tembok dengan bonus tertinggi
Romawi
Galia
Teuton
Tembok terkokoh
Teuton
Galia
Romawi
II. Faktor tech tree:
Romawi unggul di bagian def infanteri, selain terkuat/konsumsi, dia juga dapat dibuat lebih awal. Hal yang sama berlaku untuk spearman.
Untuk Galia, def kavaleri lebih baik dengan phalanx, karena lebih murah daripada Haeduan, dan Haeduan tentu lebih diandalkan untuk menggempur def musuh daripada diam di desa. Hanya gunakan haeduanmu utk def jika terpaksa. 3 phalanx lebih murah utk dilatih, meski sedikit lebih lama dari 1 haeduan. Selain itu, mati 300 phalanx tidak akan mengurangi attackmu, tetapi mati 100 haeduan lumayan bahaya utk attackmu
III. Faktor kesatria:
Ksatria anti infanteri terbaik adalah Druidrider, sedangkan anti Cav terbaik adalah haeduan. Galia juaranya bertahan, dilihat dari ksatria. Ksatria Romawi EC juga memiliki status yang cukup baik di kedua bagian defense.
IV. Faktor kecepatan:
Meskipun kekuatan pasukan galia adalah rata-rata, Haeduan dan Druidrider akan sangat bagus untuk support teman karena speednya yang tinggi. Ini bisa digunakan sebagai def sementara, selagi menunggu praetorian dan spearman datang. Lagi-lagi Galia unggul disini.
V. Faktor pagar:
Faktor ini paling berpengaruh di endgame, dimana pasukan mencapai puluhan ribu lebih.
Tembok Romawi mungkin untung sampai midgame, dimana musuh tidak memakai banyak ram. tetapi setelah musuh punya ratusan ram, jelas tembok romawi = tidak ada. Tembok Galia ataupun Teuton akan lebih unggul di endgame.
VI. Faktor bangunan khusus:
Cranny dan Ahli perangkap galia jelas berguna, tetapi hanya sampai midgame. Ahli perangkap dapat mengurangi kekuatan serangan musuh beberapa ribu poin (coba 200 swordsman terperangkap. Berkurang berapa tuh? 200x65=13000 poin attack! Jumlah yang lumayan, itu mengurangi sekitar 100 unit druidrider yg diperlukan untuk mengalahkan semua lawan.)
VII. Faktor update T 3.5
Hanya suku Galia yg mendapat tambahan disini, yaitu perangkap sejumlah 400. Kesannya masih sedikit, kan? Tapi justru tetap lebih untung, karena misalkan diserang 500 TK yg sedang perayaan bir (attack jadi 165x500), terperangkap 400, jadi total attack TK hanya 165x100, cukup dengan sekitar 400 phalanx, ketimbang dulu T 3.0, jika diserang 500 TK tanpa perayaan (atk 150x500) dan hanya terperangkap 200. Maka atk TK jadi 300x150, butuh 900 phalanx untuk menghadangya. Trapper yg terlihat remeh ternyata pengaruhnya lumayan!
Faktor lainnya yg cukup pengaruh adalah waktu produksi yg dipersingkat, sehingga unit murah dan cepat akan diuntungkan(kalo mahal dan kuat dan cepat jadi, produksi SDA akan sulit mengimbangi kecepatan produksi pasukan di awal-awal, tetapi kalau sudah makmur malah untung). Nilai plus lagi untuk phalanx yg memiliki nilai def infantri dan kavalri terbaik menurut harga.
Kali ini tidak perlu ditentukan sendiri, karena suku Galia jelas terlihat semakin unggul. Tetapi kedua suku lain (teuton dan romawi) juga dapat dipakai bertahan dengan cukup baik, atau baik (tergantung pengguna). Thanks.
Sumber:Master sho