10 Kesalahan Berpikir Newbie di Travian:
1. Desa di sekitar aku populasinya sedikit, berarti aman.
Salah besar. Populasi kecil bukan berarti tidak akan mengganggu. Khusus Teuton bahkan dari awal berdiri pun sudah bisa membangun 5 clubswinger, dan itu cukup untuk menggerogoti desa sekitar, termasuk desamu.
2. Desa besar berarti seram
Ga juga. Banyak tipe permain simcity yang malas bikin pasukan. Akibatnya desa mereka penuh dengan resource tapi tanpa penjagaan. Desa-desa seperti inilah yang menjadi target utama pemain raid. Bisa pula memang pasukannya seram, tapi bermain damai dan membiarkan desa-desa kecil di sekitarnya. Jadi jangan langsung menyerah.
3. Pasukan itu ngabis-ngabisin resource. Mending bangun ladang dkk dulu
Salah. Membangun pasukan justru akan memberi efek boost terhadap resource. Bayangkan 5 infantri bisa bawa 50 unit dari masing-masing resource tiap 30 menit. Sementara SDA dari ladang dkk pertambahannya paling mentok 40 unit per jam (untuk pemula)
Tapi ya semua sesuai dengan cara mainmu saja, main defense pun tidak ada salahnya.
4. Masuk aliansi gede untuk dapat perlindungan
Ga semua aliansi gede mau ngasih perlindungan. Pikirin apakah desamu sendiri cukup layak untuk masuk aliansi mereka? Pikirkan juga biasanya aliansi besar punya banyak aturan. Ga online 3 hari biasanya malah digangbang. Lebih baik pilih aliansi menengah yang sesuai dengan gaya mainmu, atau sekalian bikin aliansi sendiri.
5. Bangun cranny sebanyak mungkin biar aman
Yang benar adalah bangun cranny yang pas dengan frekuensi loginmu. Misalnya kamu hanya bisa online 1 kali sehari, sementara produksi sumber dayamu adalah 400 per hari, maka bangunlah cranny level 7.
Terlalu banyak cranny berarti memboroskan sumberdaya. Lagipula pemain tipe raid biasanya tidak begitu senang kalau hasil rampokannya terus-terusan 0,0,0,0. Ini malah memancing mereka mengirim catapult.
6. Mending langsung kejar kuda aja daripada boros-borosin duit bikin infantri
Pertimbangkan bahwa meriset kuda itu mahal, dan modal membuatnya juga mahal. Padahal perlindungan desa dari awal sangat penting dan menentukan masa depan desamu. Desa yang sejak awal ketahuan tidak punya perlindungan biasanya akan terus-terusan jadi target farm/raid.
7. Kalau udah kena farm/raid mending delete akun aja
Player bertipe raid punya perhitungan sendiri. Desa yang terlalu besar akan malas meraid desa yang terlalu kecil. Masalahnya meraid itu juga butuh pengorbanan waktu dan sumberdaya untuk membuat pasukannya. Hal seperti ini juga bisa menjadi senjatamu dalam berdiplomasi.
Selain itu semua player punya jam aktifnya sendiri-sendiri. Perhatikan polanya, begitu dia masuk jam tidak aktif, berarti kesempatanmu untuk menyelamatkan resource. Entah dengan membangun sebanyak-banyaknya, mengoper ke desa lain, atau membangun cranny.
8. Player tukang raid itu kejam
Salah, semua yang terjadi di travian itu ga lebih dari usaha masing-masing orang untuk eksis dan mempertahankan diri sendiri. Kalau kamu bisa berdiplomasi, menawarkan pertimbangan-pertimbangan menarik supaya tidak difarm, bisa jadi kamu malah berteman dengan orang yang senang menyerang kamu.
Catatan lain, kamu akan sangat dikagumi oleh si tukang raid kalau tatap bisa eksis walaupun dirampok habis-habisan. Udah banyak kejadiannya kok.
9. Untuk eksis berarti harus online 24/7
Ga juga. Banyak pilihan untuk bisa selamat tanpa harus melototin travian setiap saat. Entah dengan sitting, bikin desa baru di wilayah kosong, atau mungkin bangun cranny. Semua disesuaikan saja dengan cara mainmu.
Tapi walaupun di atas ditulis main travian tidak harus 24/7, bukan berarti bisa dimainkan dengan leyeh-leyeh juga. Kalaupun tidak bisa online setiap saat, tetap camkan bahwa main Travian itu harus punya perhitungan kuat. Kapan kita login, kapan logout, berapa lama bikin pasukan, berapa lama bikin bangunan, berapa banyak sumberdayanya, dan seterusnya.
10. Profile [#0] cukup untuk membuat orang di sekitar berdamai, tidak menyerang
Salah besar. Membiarkan tanda [#0] justru akan mempermudah orang menentukan kapan perlindungan pemulamu habis. Begitu habis, mereka akan mulai menyerangmu secara rutin.
Kesalahan lain adalah membuat profil yang terlalu culun seperti "Jangan serang saya! Saya pemula kk!". Itu sama saja dengan membuat folder di komputermu dengan nama "JANGAN BUKA". Semua yang melihat pasti akan penasaran dan membuka.
Sebaliknya profil yang terlalu dibesar-besarkan malah akan membuatmu terlihat bodoh. Misalnya desamu masih populasi 100 tapi kamu menulis "Awas! nyerang gw, gw CATA!". Mana ada orang yang percaya desa populasi 100 bisa bikin catapult?
Jadi buatlah profil yang sedikit mengancam tapi halus.
kesimpulan tutorial ini adalah:Salah perhitungan berarti desa kita akan jadi sasaran farm habis-habisan oleh pemain lain.
Sumber:Forum
Selengkapnya...
Kamis, 08 April 2010
Selasa, 06 April 2010
Apa itu?
Dengan pelaksanaan T3.1 s/d sekarang Travian memperkenalkan medali pemain dan medali aliansi ke server. Ini diberikan setiap minggu untuk pemain yang berhasil muncul dan bertahan di Top10 dari Senin-Minggu. Para Top10 akan diulang pengitungannya setiap 7 hari pada hari Senin @ 0:00 Waktu TRAVIAN masing2 0
Bagaimanakah saya mendapatkan medali?
Saat ini ada 4 kategori yang berbeda dari medali yang tersedia. Pendaki tertinggi, Penyerang, Pembela & Perampok. Hal ini memungkinkan pemain untuk unggul di berbagai wilayah dan diakui untuk prestasi individu. Untuk mendapatkan medali, Anda harus menjadi yang terbaik dalam satu bagian minggu itu. Medali / pita yang didapat Top10 masing-masing dan bagaimana mendapatkannya dapat dilihat di bawah ini.
Medali untuk Pendaki tertinggi
Medali tersebut diberikan untuk pemain yang mendaki peringkat paling dalam populasi. Untuk sebagian besar server, ini diberikan kepada pemain baru terdaftar yang dapat melompat 21000-3000 dalam hitungan hari, memberi mereka memimpin 18.000 naik posisi. Namun setelah pendaftaran ditutup untuk server (selama dan setelah rilis artefak), medali lebih mudah untuk didapat dengan cara menaklukkan populasi yang lebih kecil. Medali ini sering disebut sebagai 'Simmer Medal',.
Medali untuk Merampok / merampok Resources
Medali ini diberikan kepada pemain berdasarkan total kumulatif sumber daya mereka mampu untuk menyerang dalam 7 hari. Jika pemain tersebut dirampok dan kehilangan sumber daya oleh pemain lain, ini dipotong dari total kumulatif sumber daya diperoleh. Pemain yang melihat Top10 dapat melihat sejumlah negatif di samping nama mereka jika mereka telah gagal untuk mendapatkan kembali sumber daya yang dicuri dari mereka. Aliansi Perampok juga dihitung secara kumulatif antara semua anggota aliansi itu, jika anggota dirampok berulang kali, maka hasil akumulasi dikurangi dari total aliansi.
Medali untuk Menyerang
Medali ini bukan diberikan kepada pemain yang telah membunuh sebagian besar pasukan, melainkan dihitung per konsumsi gandum, bukan per unit total. Jadi, pemain yang membunuh 200 druidriders, akan memiliki total 400 poin membunuh, sebagai makanan druids 200 total 400 gandum. Yang membunuh dapat diakumulasikan melalui serangan, serangan, upaya menaklukkan, menangkap oasis dan bahkan menyerang diri sendiri. Kesatria Anda tidak perlu hadir untuk membunuh untuk menghitung. Jika Anda lihat di bawah ini, ada kemungkinan Medali Kesatria akan diperkenalkan di versi yang lebih baru dari Travian yang akan mendorong pemain untuk menggunakannya mendapatkan medali murni untuk melakukannya.
Medali ini diberikan kepada pemain yang telah membunuh pasukan musuh dengan cara diserang atau membela desa. Hal ini dihitung berdasarkan berapa banyak tentara tewas di desa sendiri dan oasis, bukan berapa banyak tentara pertahanan sendiri telah dibunuh di tempat lain. Membunuh dihitung dengan cara yang sama sebagai Medali Penyerang; oleh konsumsi gandum unit daripada jumlah unit. pahlawan Anda tidak perlu hadir untuk membunuh untuk menghitung. Pasukan yang mati di tangan pagar atau istana/kastil disertakan. Tapi pasukan terjebak dalam perangkap Anda tahanan, tidak mati, dan tidak akan memiliki efek pada total.
Bonus Medali
Medali ini diberikan untuk bonus kombinasi, ketika seorang pemain berhasil menjadi penyerang dan pembela pada minggu yang sama. Mereka tidak diberikan kepada seorang pemain yang memiliki medali penyerang dan medali pertahanan dari minggu yang berbeda.
Edisi Medali Terbatas
Medali ini dikeluarkan untuk pemain yang muncul pada pertemuan Travian di Hammelburg, Jerman pada tahun 2009. Pertemuan diatur oleh staf di. COM dan dipublikasikan pada forum mereka diundang secara terbuka. Ada sebuah album foto dokumentasi tentang acara ini yang dapat ditemukan di sini. Medali tidak dapat diterima atau diberikan kepada siapapun yang tidak menghadiri acara ini.
Medali untuk Aliansi
Berikut adalah gambar yang digunakan untuk medali aliansi, persis sama dengan medali pemain tetapi dengan bermahkota daun (Mahkota Zaitun). Mahkota Zaitun melambangkan tanda kemenangan dan yang paling sering terlihat digunakan dalam Olimpiade. Hanya posisi 1 - 10 yang tersedia untuk aliansi, tidak mungkin bagi aliansi untuk mendapatkan medali untuk berada di Top10 beberapa kali atau mencapai serangan dan pertahanan pada minggu yang sama.
Jika Anda berhasil dalam memenangkan medali, Anda tidak akan diberitahu oleh Travian dalam permainan. Untuk mengetahui apakah Anda telah mendapatkan apapun, Anda harus pergi ke »Edit Profile. Di bawah ini, akan ada tabel yang berisi daftar nama medali Anda, posisi yang Anda dapat, dan apa yang terjadi pada minggu ini, dan kode untuk menulis ke profil Anda. Travian memperkenalkan "Quest 13: Dove Damai" untuk membantu pemain memahami di mana harus mencari kode dan bagaimana membuat mereka muncul, jadi mulai sekarang pada setiap medali baru dan kode akan ditampilkan di bawah [# 0]. Setiap kode khusus untuk Anda dan account Anda, Anda tidak dapat menampilkan medali dua kali, dan Anda tidak dapat menampilkan medali orang lain.
Medali Yang akan datang
Medali untuk Dagang
Medali ini belum akan dirilis dalam versi yang tersedia dari Travian, jadi kami tidak tahu bagaimana mereka belum tercapai. set ini bertujuan Pedagang, mungkin diberikan untuk perdagangan secara keseluruhan pada pasar atau keuntungan kumulatif per perdagangan. Misalnya, jika Anda perdagangan gandum 500 dan 1000 besi, Anda diberikan 500 poin.
Medali untuk Kesatria
Medali ini belum akan dirilis dalam versi yang tersedia dari Travian, jadi kami tidak tahu bagaimana mereka belum tercapai. set ini bertujuan untuk Kesatria, mungkin diberikan dengan jumlah hit poin diperoleh dalam seminggu melalui pertahanan dan menyerang gabungan (mirip dengan penyerang / medali Defender), jumlah atau tingkat meningkat (mirip dengan medali tertinggi Pendaki). T3.1 melihat awal Ranking Kesatria dipublikasikan yang dapat diakses dan dilihat melalui tab Statistik dalam game.
Sumber:Forum
Original Posted
Selengkapnya...
Minggu, 04 April 2010
Cerita Suku Natar
Cerita tentang Wonder of The World (WOTW) ini dimulai dari Suku Natar. Dahulu
kala sebelum Suku Romawi menjelajah dunia Travian, sebuah suku super
telah ada dan telah menguasai dunia travian dan membuat suku-suku lain
seperti Galia dan Teuton sebagai budaknya. Suku Natar ini adalah sebuah
suku super yang memiliki kebudayaan dan ilmu pengetahuan yang tinggi.
Entah mengapa Suku Natar ini hilang dari peradaban dan mengubur semua
ilmu pengetahuannya. Suku ini telah dilupakan dari dunia Travian.
Tetapi kelak, suku Natar yang pernah menguasai dunia Travian ini akan muncul kembali. Tentu dengan segenap kebudayaan, kebijaksanaan dan ilmu pengetahuannya yang tinggi. Suku Natar ini dijalankan oleh NPC alias non-player character yang berarti dijalankan oleh komputer. Suku ini berencana menguasai dunia Travian kembali untuk yang kedua kalinya. Dan hanya suku inilah yang mampu mendirikan WOTW. Dan kedatangannya untuk keduakalinya memang untuk menunjukkan supremasinya dengan membangun WOTW di Golden City. Memang untuk membangunnya dibutuhkan biaya dan sumberdaya manusia yang sangat besar. Dan untuk itulah Suku Natar ini akan menguasai desa-desa lain di Travian, termasuk desa Anda!
Berita tentang rencana tersebut membuat Suku Natar menjadi suku yang ditakuti.
Oleh karena itu, para panglima dan jenderal perang senantiasa bersiap menunggu kedatangan suku ini. Tidak ada jenderal perang yang bisa menandingi suku Natar jika tidak mengetahui kelemahan suku tersebut. Perang dengan Natar perang yang akan menumpahkan banyak darah (bloodly war). Suku Natar akan menyerang lima tonggak teratas setiap aliansi terlebih dahulu sebelum menghancurkan seluruh desa yang berdomisili di bawah naungan aliansi.
Kemuculan Suku Natar
Tidak ada yang tahu pasti kapan suku ini akan muncul di dunia Travian. Di berbagai forum, suku ini dikabarkan akan muncul sekitar 8-10 bulan
sejak server dijalankan. Namun, yang tahu pasti waktu kemunculan suku ini hanyalah pemilik server travian.
Semua orang harus berhati-hati saat Suku Natar muncul. Sebab ketika suku ini muncul di server, maka dia seperti predator bagi pemain-pemain lain. Yang lemah akan ditaklukkannya. Ini bagaikan sebuah hari kiamat di server Travian. Kalaupun desa Anda masih hidup, desa Anda cuma bagaikan sapi perah, diperas habis-habisan sumber dayanya. Dan para penduduk akan dijadikan budak untuk membangun WOTW.
Jadi ketika suku Natar ini muncul di server kita, maka lawan kita sesungguhnya bukan lagi pemain Travian lain. Kita harus bisa bersatu
melawan suku Natar ini. Kalau tidak, maka kitalah yang akan dikalahkannya.
Untuk bisa mengalahkannya, para aliansi perlu saling bergabung untuk berperang melawannya. Walaupun demikian, hanya ada satu suku yang dapat merebut script pengetahuan suku Natar dari Gudang Ilmunya.
Oleh karena itu, diperlukan suatu strategi bersama, kalau perlu strategi lintas aliansi. Tentu saja dengan mengesampingkan ego dan tujuan
pribadi masing-masing aliansi. Soalnya kalau tidak, maka seluruh pemain akan kalah dan server dikuasai oleh suku Natar yang dimainkan oleh NPC.
Berburu Dengan Waktu
Satu-satunya cara mengalahkan Suku Natar adalah dengan sesegera mungkin mengalahkannya saat pertama kali kemunculannya. Jangan sampai suku ini sempat berkembang dan membangun kekuatan, apalagi sampai membangun WOTW! Suku Natar ini seperti suku pemangsa dan harus segera dibasmi.
Masalahnya adalah karena kita tidak tahu kapan suku ini muncul. Di beberapa literatur resmi cuma menyebutkan bahwa suku ini “akan segera muncul.” Dan pesan ini akan membuat para kesatria menggigil ketakutan karena pertempuran mahadahsyat akan segera tiba. Akhir jaman akan tiba.
Masalah kedua adalah karena kita tidak tahu di koordinat mana suku ini dimunculkan. Bisa jadi suku ini sudah menjadi tetangga kita. Dan tahu-tahu desa kita sudah ludes dibasminya.
Memenangkan Ilmu Pengetahuan
Jika kita berhasil mengalahkannya, maka kita dapat merebut script pengetahuan suku Natar ini. Dan kita punya kesempatan untuk membangun WOTW. Tapi harap diingat bahwa biaya pembangunan WOTW ini amat sangat mahal.
Tetapi jika WOTW ini berhasil didirikan oleh pemain (manusia) Travian, maka sebenarnya terjadi suatu kemenangan seseungguhnya di dunia Travian. Hal ini berarti ada kesatuan yang terjadi dari seluruh pemain Travian.
Tetapi jika WOTW ini didirikan oleh Natar, maka yang terjadi sebenarnya adalah suatu penindasan tingkat dunia. Dunia sudah dikalahkan oleh NPC (non-player character) dan semuanya harus tunduk pada Suku Natar.
Kekuatan Suku Natar
Suku Natar bisa membina dan membangun desa serta bangunannya dalam waktu setengah dari waktu yang dibutuhkan oleh suku lain. Suku Natar akan dimainkan oleh MH atau pemain dari server seluruh dunia yang dipanggil untuk menjalankan pemerintahan di desa Golden City. Pemain-pemain ini adalah orang yang sangat berpengalaman.
Ada sepuluh jenis pasukan suku Natar yang kekuatannya tidak diketahui. Ada yang mendongengkan bahwa pasukan suku Natar mempunyai kekuatan lima kali lipat lebih besar dari pada suku lain di Travian dalam hal pertahanan, serangan, dan bawaan sumber daya. Ada juga yang mengatakan tiga kali lipat.
Pasukan tersebut adalah :
1. Pikeman - Pasukan bersenjatakan lembing. Lembing mereka yang panjang dan tajam digunakan sebagai baris utama pertahanan
dalam pertempuran. Pasukan ini adalah pasukan yang sangat berani yang menggunakan kecekatan mereka untuk mengalahkan pasukan berkuda musuh dengan cepat.
2. Thorned Warrior
- Pasukan infantri pejalan kaki. Pasukan ini mendapatkan namanya dari tonjolan seperti duri di helm dan bahunya. Pasukan ini sangat gigih dan dilatih dengan baik untuk bertempur dengan siapapun yang cukup bodoh menyerang mereka.
3. Guardsman
- Pasukan pertahanan desa yang dipuja oleh penduduk Natar dan ditakuti olah para musuhnya. Guardsman bertarung tanpa kuda. Namun demikian, pasukan ini merupakan salah satu pasukan paling bernilai bagi suku Natar karena kepandaiannya. Mereka sama terlatihnya dengan para petarung yang hampir selalu mengalahkan musuhnya. Mereka adalah pasukan pertahanan desa yang kuat dan dapat dipercaya untuk bertahan dari pasukan lain.
4. Birds Of Prey
- Burung pengintai yang digunakan oleh suku Natar untuk mengintai kekuatan musuh-musuhnya. Burung pengintai yang memiliki kecepatan
tinggi dan jangkauan pengintaian yang lebih luas ini sangat sulit dihentikan/dikalahkan.
5. Axerider
- Pasukan berkuda bersenjata kapak yang sangat ahli menggunakan kapaknya untuk meneror dan menebar ketakutan akan kematian kepada para musuhnya.
6. Natarian Knight - Infantri berkuda yang sangat kuat yang dilatih dari pasukan Natar yang kuat dan mempunyai keahlian tinggi. Mereka adalah para pejuang perang sejati. Mereka menggunakan pedang sebagai senjata dan perisai sebagai pelindung. Kuda yang mereka naiki pun adalah kuda yang diternakkan dan dilatih secara khusus, berbeda dengan kuda-kuda perang biasa. Mereka adalah pasukan yang sangat ahli menebar teror dan ketakutan bagi musuh-musuhnya.
7. Warelephant - Pertahanan infantri gajah perang yang sangat kuat. Tidak ada dinding yang dapat bertahan setelah terkena serangan Warelephant.
8. Ballista - Semacam catapult bola besi berapi yang mempunyai kekuatan penghancur yang dahsyat.
9. Natarian Emperor. Saat berpidato, Natarian Emperor seperti membawakan kalimat-kalimat yang merupakan campuran antara ketakutan dan kekaguman. Dengan kemampuannya ini, Natarian Emperor dapat menaklukkan satu desa dengan sekali berpidato.
10. Settler - Pengangkut yang bisa mengangkut nilai seluruh desa (lebih dari 100.000)
Selengkapnya...
Membahas Efek2 Artifak.,.
Travian 3.5 Artefacts
Artefak di perkenalkan kembali setelah absen pada travian versi 2,Berikut dtailnya(Walaupun keajaiban dunia masik tetap ada).Ada 3 Jenis Artefak di T3.5;Desa,Akun and unik.Artefak desa hanya berefek pada desa tempat artefak di simpan,Artifak Akun Berpengaruh pada seluruh desa dan Begitu juga dengan Artifak unik tapi dengan efek yang lebih Besar
Pada waktu yang sama setiap pemain hanya boleh memegang 3 Artefak,Dan hanya diperbolehkan 1 Artefak Unik/Akun. Walau bagaimanapun Pemain diperbolahkan Memiliki lebih dari 3 Artefak tapi hanya 3 yang paling awal di dapatkan yang akan berefek.Untuk Memegan lebih dari 3 Artifak,Artifak Harus di dapatkan dengan cara men-chief desa tempat Artifak tersebut berada.Untuk mengambil sebuah artefak tingkat kedua yang unik atau Akun, metode ini chiefing harus digunakan, sebagai batas standar adalah salah satu yang unik/Akun dan artefak desa dua per account. Selanjutnya setiap artefak desa akan menerima bonus akun atau artefak unik dari jenis yang sama untuk desa mereka.Artefak akan Mucul di desa-desa Natarian dan akan aktif di sana sampai mereka tertangkap. Dalam rangka menangkap artefak Anda perlu Treasury tingkat 10 untuk sebuah artefak tingkat desa atau 20 untuk account atau artefak yang unik.Gudang Ilmu pemegang artefak harus hancur daengan serangan normal yang sukses dengan seorang kesatria yang dikirim dari desa yang memiliki Gudang ilmu. Artefak tidak akan aktif sampai 24 jam setelah mereka ditangkap (termasuk menangkap artefak yang sudah dimiliki).
TAMBAHAN: Setelah satu bulan dari artefak yang ditambahkan ke server, setiap artefak yang masih di sebuah desa Natar akan menjadi aktif dengan manfaat yang terkait diterapkan ke desa Natar / account yang sesuai.
Berikut detail Artifak:
Bangunan lebih Kuat
Desa=4 kali lebih kuat
Akun=3 kali lebih kuat
Unik=5 kali lebih kuat
Pasukan cepat
Desa=2 kali lebih cepat
Akun=1,5 kali lebih cepat
Unik=3 kali lebih cepat
Pengintai lebih baik
Desa=Peningkatan oleh faktor dari 5
Akun=Peningkatan oleh faktor dari 3
Peningkatan=unik dengan faktor 10
Kurang Konsumsi pasukan
Desa=50% pengurangan gandum
Akun=pengurangan 25% gandum
Unik=50% pengurangan gandum
Pasukan cepat Dilatih
Desa=50% pengurangan waktu pelatihan
Akun=25% pengurangan waktu pelatihan
Unik 50% pengurangan waktu pelatihan
Peningkatan kapasitas cranny+ Acak Sasaran catapult
Desa=kapasitas meningkat 200
Akun=kapasitas meningkat 100
Unik=kapasitas meningkat 500
efek Tambahan: Catapults hanya dapat menembak secara acak di desa-desa tempat artefak disimpan.Pengecualian untuk desa dan artefak akun WW dan Treasury. Pengecualian untuk artefak yang unik hanya WW.
Artefak Aneh(perubahan setiap akibat 24h)
Standar Acak=(boleh negatif)
Random unik=(tidak bisa negatif)
Catatan: Tidak ada artefak desa permanen atau Akun efek random sebagai ruang lingkup secara acak memutuskan setiap 24jam.
Nama-nama Artefak server indo
--------------------------------------------------------------------------------
Nama Indonesia - Efek(Liat Tabel TS)
Basunandha - Super Building
Slipih Angin - Faster Troop
Telik Sandi - Better Spies
Dewi Sri - Less Hungry Troop
Antakusuma - Faster Troop Building
Basunandha - Great Ware House and Great Granary
Prabakacerma - Increase Cranny and Random-aim(Penjelasan di Gudang Ilmu dlm versi indo ga d bilang random-aim, tapi pd kenyataannya random-aim ini berlaku)
Selengkapnya...